Cara Membuat Bootable FlashDisk Windows 7/8/10/XP

Tutorial kali ini adalah bagaimana cara membuat bootable flashdisk windows 7 hal ini saya tulis karena di artikel sebelumnya pernah membahas bagiamana cara menginstall windows 7 pada komputer (PC) atau laptop (NoteBook). Untuk membuat bootable ini sebenarnya tidak hanya untuk operation system (OS) windows 7 saja tetapi juga bisa digunakan untuk membuat bootable OS windows 8 atau windows 10.

Untuk membuat bootable ini saya menggunakan aplikasi Novicorp WinToFlash. Tentunya untuk mengikuti tutorial ini teman-teman harus memiliki aplikasi ini. Berapa harganya? tenang sobat blogger, aplikasi ini bisa teman-teman download gratis, kalian hanya perlu mencarinya di google saja ๐Ÿ™‚.

Selain Novicorp WinToFlash apa bisa menggunakan aplikasi lainnya? jawabannya "bisa", namun saya merekomendasikan untuk memakai aplikasi ini. kenapa? karena menurut saya software ini sangat mudah untuk digunakan, sederhana dan juga gratis tentunya ๐Ÿ™‚.

Novicorp WinToFlash

Yukk jangan lama langsung aja...
Bahan-bahan yang teman-teman butuhkan yaitu:
  • Aplikasi Novicorp WinToFlash (dapat di cari dalam mesin pencarian google dan di download secara gratis).
  • FlashDisk minimal 4gb untuk windows 7/8/10 dan 2gb untuk windows XP.
  • Operation System (OS) Windows 7/8/10/XP (bisa dari DVD atau file ISO yang hasil download kalian)


Jika semua bahan Anda sudah lengkap, kita masuk ke langkah selanjutnya yaitu:

Cara Membuat Bootable FlashDisk Windows 7/8/10/XP
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Novicorp WinToFlash, kemudian klik icon "ceklist" untuk memulai wizard. Kemudian klik Next. Tidak diceklist juga tidak apa-apa.

  2. Klik Select lalu cari dimana sistem operasi windows 7 teman-teman simpan.
  3.  Pastikan flashdisk sudah siap digunakan. Kalian bisa melihatnya pada kotak USB drive, nantinya akan tampil spesifikasi flashdisk yang akan diguanakan untuk membuat bootable ini. Setelah itu klik Next.
  4. Apabila muncul layar seperti gambar di bawah ini maka klik Continue saja.
  5. Lalu pilih I do accept the terms of the license agreement. Lalu klik Continue.
  6. Proses pembuatan bootable OS ke flashdisk sedang berjalan, disini sobat blogger harus menunggu, kira-kira lamanya kurang lebih itu 5 sampai dengan 15menitan.

  7. Proses dinyatakan selesai saat persentase mencapai 100%. Klik Next.
  8. Klik Exit semua selesai, Kini flashdisk teman-teman sudah dapat dipakai untuk instalasi windows di komputer (PC) atau laptop (NoteBook).
Dengan mengikuti tutorial di atas kini flashdisk sobat blogger sudah dapat dipakai untuk instalasi windows pada komputer (PC) atau laptop (NoteBook). Jika sobat blogger berniat ingin mengistall ulang windows 7 komputer atau laptop sobat silahkan:

baca juga: Tutorial Cara Menginstall Windows 7 Pada Komputer Atau Laptop.

Semoga artikel ini mudah di pahami dan bermanfaat bagi sobat blogger semua. Jika teman-teman menemukan masalah saat membuat bootable operation systen (OS) ke flashdisk sobat, jangan sungkan untuk bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan.

Cara Membuat Bootable FlashDisk Windows 7/8/10/XP Cara Membuat Bootable FlashDisk Windows 7/8/10/XP Reviewed by Kokang on 16.40 Rating: 5

Tidak ada komentar: